Sejarah dan perkembangan Fakultas Teknik

Gambar: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palu, Tahun 2019.

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palu didirikan bersamaan dengan Fakultas lain yang ada di Universitas Muhammadiyah Palu. Melaui izin operasional yang diberikan oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi pada tahun 1984/1985. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik memperoleh status Terdaftar melalui SK Menteri P dan K No. 0476/O/1987 pada tanggal 6 Agustus 1987.

Dalam proses belajar mengajar di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu segala sesuatunya telah diupayakan berpedoman pada kurikulum yang berlaku. Untuk itu penyesuaian kurikulum ini berkaitan dengan tuntutan pembangunan dan kebutuhan pembangunan.

Pada kurikulum sebelumnya, beban kredit yang relatif berat, sarana dan prasarana akademik yang belum memadai, merupakan faktor-faktor yang menghambat perkembangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palu. Sehingga produktivitas selama kurun waktu tahun 1985 s/d tahun 2000 belum menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan. Namu demikian, pelaksanaan sistem kredit selama ini telah memberikan pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat untuk menunjang kelancaran penyusunan kurikulum maupun kelancaran dalam penerapan kurikulum baru yang akan diberlakukan pada Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu pada semester ganjil 2001/2002. Sebagai bentuk kurikulum yang baru berdasarkan perubahan dari kurikulum 1995, serta pada tahun 2008 dan tahun 2010 dilakukan evaluasi kurikulum agar lebih banyak memberikan petunjuk operasional pelaksanaan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) yang lebih proporsional kepada peserta didik.

Dengan demikian usaha terus dilakukan bukan hanya produktivitas, efisiensi, sarana pendidikan, dan efisiensi penggunaan waktu studi mahasiswa, administrasi sistem SKS secara teratur dan jelas, tetapi juga hrus diikuti peningkatan jumlah dan mutu tenaga pengajar tetap serta prasarana pendidikan yang memadai.